R

Layanan Pendidikan

Pemberian akses pendidikan seperti beasiswa, pembinaan peserta beasiswa, beaguru, dan training pendidikan.

R

Layanan Kesehatan

Penyediaan Klinik Sahabat, Ambulance Gratis, dan Mobile Clinic untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga.

R

Layanan Dakwah & Pemberdayaan

Program pembinaan warga pelosok, bantuan operasional da’i, dukungan kendaraan da’i adalah beberapa diantaranya.

R

Layanan Sosial & Kemanusiaan

Penanganan persoalan kebencanaan, pemberdayaan, kemandirian dhuafa, dan program kemandirian ekonomi lain.

Layanan Pendidikan

Layanan yang bergerak di bidang Pendidikan, khususnya beasiswa dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, serta bantuan operasional pendampingan serta sarana Pendidikan.

  1. Intelectual Care (InCare)

Merupakan investasi sumber daya manusia pada peningkatan kapasitas keilmuan, kepemimpinan, dan manajerial melalui dukungan biaya studi serta pendampingan bagi mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi. Peserta juga diarahkan untuk berkontribusi pada program pemberdayaan masyarakat marjinal, khususnya dalam aspek pendidikan dan kemanusiaan. Beasiswa InCare adalah pengembangan program beasiswa Ulil Albab sejak 1999.

  1. Be A Huffaz

Beasiswa penghafal Alqur’an bagi mahasiswa berprestasi dari jurusan umum (sains, medis, teknik, ekonomi, dll). Merupakan investasi SDM dalam bentuk bantuan biaya pendidikan dan pendampingan untuk mempersiapkan praktisi, spesialis, dan para profesional masa depan yang berpandangan Alquran dan berkarakter kontributif.

  1. Sahabat Cendikia dan Taqwa (Shadiqa)

Beasiswa bagi siswa SLTA dhuafa berprestasi. Program ini bertujuan agar generasi muda terjamin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

  1. Be A Santri

Beasiswa untuk santri di pondok pesantren. Santri diutamakan dari daerah minoritas muslim. Mereka dipersiapkan agar saat selesai dari pendidikan, siap untuk kembali dan membina daerah asalnya.

  1. Kibar Bangsa

Bantuan biaya pendidikan murid sekolah dasar dari keluarga dhuafa. Pemanfaat adalah anak-anak binaan komunitas peduli pendidikan yang berada di pinggiran kota, dan binaan da’i/guru Ulil Albab di pelosok.

  1. Pendampingan Anak Marjinal

Merupakan program yang berintegrasi dengan program Layanan Dakwah, untuk mendukung terwujudnya zona bebas putus sekolah. Aktivitas utama dari Pendampingan Anak Marjinal yaitu menyelenggarakan kelompok belajar rutin berisi pendampingan dasar agama dan akhlak mulia, serta wadah konsultasi orangtua tentang pentingnya anak terus bersekolah.

  1. Rumah Baca

Rumah Baca adalah program pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan program Korps Dai Pelosok (KDP) untuk mendukung terwujudnya kawasan ramah literasi. Kegiatan utamanya adalah pembuatan pustaka mini dengan koleksi 800 hingga 1000 buku. Sejak 2021 program ini menyediakan bahan bacaan bagi mitra di daerah dalam bentuk buku-buku panduan mengajar, kitab-kitab, dan sejenisnya. Program Rumah Baca adalah pengembangan Waqaf Buku yang dimulai pada 2013. Kemudian melakukan pendampingan kepada mitra pengelola tentang cara-cara memanfaatkan bahan baca tersebut secara berkala.

  1. Akademi Incare

Program penyiapan dan pemberdayaan masyarakat terdidik dari kalangan generasi muda terkhususnya peserta beasiswa, untuk mendorong bertambahnya sumber daya manusia masa depan yang ber-worldview Islam pada setiap bidang keilmuan.

  1. Akademi Tahfidz

Merupakan pengembangan Program Beasiswa Be A Huffaz yang berdiri pada 2014. Interaksi dengan penerima beasiswa Be A Huffaz telah menarik minat banyak orang untuk ikut menghafal Alqur’an. Akademi Tahfiz bertujuan mewadahi minat besar ini, agar aktivitasnya lebih terarah dan tertata.

  1. Akademi Relawan

Program ini mempersiapkan pembekalan bagi calon relawan, sebelum turun ke lokasi atau menangani sebuah program

Terbaru dari Layanan Pendidikan:
Open Recruitment Beasiswa Be A Huffaz Angkatan 13

Open Recruitment Beasiswa Be A Huffaz Angkatan 13

BEAHUFFAZ adalah program beasiswa penghafal Al-Qur’an non-asrama khusus bagi mahasiswa jurusan umum. Periode beasiswa selama satu semester (enam bulan). Peserta BEAHUFFAZ menghafal secara mandiri, kemudian menyetorkan hafalan sejumlah minimal satu halaman satu kali dalam satu minggu. Target hafalan minimal tiga halaman per bulan.

Muallaf Hidupkan Taman Pendidikan Mazira

Muallaf Hidupkan Taman Pendidikan Mazira

Sebelumnya, ada sekitar 1000 eksemplar buku pernah tersusun rapi di rak-rak Taman Pendidikan Mazira. Namun kini hanya menyisakan 50 buku saja. Ditambah relawan pengajar yang semakin berkurang, membuat ruang-ruang belajar di sini semakin sepi dari hari ke hari. 

Ulil Albab Dirikan Rumah Baca Ke-11

Ulil Albab Dirikan Rumah Baca Ke-11

Ulil Albab melalui jaringan layanan pendidikan Sahabat Pendidikan, merampungkan pembuatan Rumah Baca ke-11 di Masjid Raya Dolok Sanggul, Kec. Dolok Sanggul, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, pada Minggu, 10 Maret 2024.

Layanan Kesehatan

  1. Klinik Pratama Sahabat

Pelayanan kesehatan (konsultasi, pengobatan, dan pemeriksaan penunjang) kepada masyarakat yang datang untuk memanfaatkan layanan klinik.

  1. Pelayanan Ambulan Gratis

Pelayanan ambulan gratis kepada masyarakat di kota Medan, berupa pengantaran dan penjemputan pasien sakit dari rumah ke rumah sakit, serta pelayanan pengantaran jenazah.

  1. Khitan Gratis

Merupakan layanan khitan massal gratis bagi kaum dhuafa

  1. Sahabat Mobile Clinic (SMC)

Pelayanan pengobatan umum bagi masyarakat kurang mampu dan jauh dari  fasilitas kesehatan. Pengobatan umum yang dimaksud meliputi pemeriksaan langsung (anamnesa), cek gula darah, cek kolesterol, cek asam urat, dan cek tekanan darah.

  1. Donor Darah

Aktifitas untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar berperilaku hidup sehat dan saling membantu, khususnya dengan ikut berdonor darah

  1. Grebek Sekolah Sehat (GSS)

Pendidikan kesehatan yang diberikan kepada siswa/i di sekolah, dan juga jama’ah masjid dalam bentuk penyuluhan.

  1. Pelatihan P3K dan BHD

Merupakan pelatihan penanganan pertama pada kecelakaan di sekolah ataupun di luar sekolah.

  1. Sahabat Keluarga Sehat

Kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk keluarga dhuafa. Kegiatan ini meliputi :

1. Posyandu Lansia

Mulai dari kegiatan preventif hingga kuratif. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat dan kesadaran sehat bagi warga lansia

2. Posyandu Balita

Kegiatan pemeriksaan dan tumbuh kembang balita, yang bertujuan meningkatkan kesehatan dan perkembangan balita sesuai dengan usianya.

Terbaru dari Layanan Kesehatan:
Sembuh Demam Akhirnya Ridho Dikhitan

Sembuh Demam Akhirnya Ridho Dikhitan

Mau bawa anak sunat ke dokter atau mantri, khawatir biayanya tidak mampu ia penuhi. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja mereka kesulitan.

GSS Di SDIT Generasi Madani

GSS Di SDIT Generasi Madani

Kebiasaan hidup sehat, khususnya menjaga kesehatan anggota tubuh, harus ditanamkan sejak dini pada anak. Kegiatan penyuluhan kesehatan, menjadi cara efektif untuk pengajaran dan praktek langsung.

Pengobatan Gratis dan Donor Darah Di Dua Masjid

Pengobatan Gratis dan Donor Darah Di Dua Masjid

Selama dua hari, yaitu Jum’at (29/09) dan Sabtu (30/09), Klinik Sahabat Ulil Albab bersama Unit Transfusi Darah (UTD) RSUP. H. Adam Malik menggelar kegiatan donor darah serta layanan Sahabat Mobile Clinic (SMC).

Layanan Dakwah & Pemberdayaan

Layanan pembinaan serta pendampingan da’wah, dan pemberdayaan ekonomi berupa pemberian bantuan modal usaha bagi usaha kecil dan mikro.

  1. Korps Da’i Pelosok

Merupakan program bantuan operasional da’i  serta penempatan da’i ke sejumlah daerah minoritas muslim dan rawan pemurtadan. Program ini  bertujuan untuk memfasilitasi para da’i  dalam pembinaan umat di pelosok.

  1. Muliakan Guru Ngaji

Merupakan program bantuan operasional bagi guru mengaji, masdrasah, dan TK di daerah pelosok atau pinggiran. Program ini bertujuan sebagai apresiasi kepada guru-guru yang mengabdikan diri di pelosok negeri.

  1. Abang Becak Mengaji

Merupakan program pendampingan materi dasar ke-Islaman dan bimbingan membaca Al-Qur’an bagi abang becak. Diharapkan ilmu dan pemahaman Islam abang becak meningkat.

  1. Sahabat Terapi Mental Spiritual

Merupakan program pendampingan dan pembinaan bagi pasien ODGJ dan pasien rehabilitas NAPZA. Program ini bertujuan membantu pasien mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga memunculkan perbaikan diri, pikiran, perilaku, dan moral agar lebih terarah.

  1. Program Tebar Mushaf

Penyaluran  Al-Qur’an dan Iqro’, dalam rangka mendukung program berantas buta Al-Qur’an

  1. Sahabat Mandiri Sukses

Merupakan program pendampingan usaha kecil dan mikro (UKM), serta bantuan modal usaha untuk rintisan dan pengembangan.

Terbaru dari Layanan Dakwah:
Muslim Lahewa Nias Kekurangan Mushaf Qur’an

Muslim Lahewa Nias Kekurangan Mushaf Qur’an

Di TPQ At-Taqwa, Qur’an yang tersedia juga banyak yang tidak layak. Banyak halamannya yang robek dan hilang. Kondisi tersebut tentu menghambat kegiatan mengaji anak-anak.

Kita Bantu Palestina

Kita Bantu Palestina

Serangan dan bombardir masih terus dilancarkan Israel ke wilayah Gaza Palestina. Korban, khususnya dari kalangan warga sipil yang luka-luka dan meninggal dunia semakin bertambah.

Murid TK Islam Arapenta Melonjak

Murid TK Islam Arapenta Melonjak

“Tahun lalu, murid kita hanya 9 orang. Tapi tahun 2021 ini sudah 26 orang. 21 beragama Islam, 5 lagi non,” ucap Ribky, Kepala sekolah TK Islam (TKI) Arapenta Sinabung, membuka pembicaraan.

Layanan Sosial & Kemanusiaan

Layanan bantuan dalam berbagai bentuk dan aspek yang kebermanfaatannya dirasakan oleh khalayak atau masyarakat banyak

  1. Air Untuk Sahabat (AUS)

Merupakan program pengadaan instalasi  air bersih bagi masjid serta daerah pelosok yang sulit air bersih.  Bantuan yang disalurkan berupa pengeboran air, tempat penampungan air serta kamar mandi

  1. Bantuan Sembako Mustahik

Merupakan program pemenuhan kebutuhan hidup mustahik berupa bantuan bahan pokok untuk keluarga yatim, abang becak, dan keluarga dhuafa.

  1. Infaq Beras Santri (IBS)

Merupakan program bantuan bahan pangan berupa beras bagi pesantren dan pondok tahfidz di Sumatera Utara, yang menerima dan mendidik santri dengan gratis maupun berbiaya murah

  1. Tebar Pakaian Layak Pakai

Merupakan aktifitas penampungan dan pengumpulan pakaian/tas/sepatu layak pakai yang akan disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu.

  1. Bangun/Benah Masjid Mushalla

Merupakan program perbaikan dan  pembangunan masjid/mushalla.

  1. Disaster Rescue Team (DRT)

Merupakan layanan siaga bencana, yang terjun ke berbagai lokasi bencana. Selain itu, juga membantu dalam berbagai proses pemulihan, di antaranya menyalurkan bantuan sembako dan trauma healing

  1. Berkah Ramadhan

Merupakan program tahunan yang bertujuan mengisi dan menyemarakkan bulan Ramadhan dengan berbagi kebahagiaan kepada mustahik.

  1. Program Tebar Qurban (PTQ)

Merupakan program penyaluran hewan qurban ke daerah pelosok/pedalaman. Menjangkau daerah miskin, rawan pemurtadan, minoritas muslim,  belum pernah/jarang  ada qurban dan lokasi bencana.

Terbaru dari Layanan Sosial Kemanusiaan:
Muslim Hutasalem Hidupkan Syiar Dan Bangun Kebersamaan

Muslim Hutasalem Hidupkan Syiar Dan Bangun Kebersamaan

Sejak dua tahun silam, masyarakat yang dibina oleh dai yang akrab disapa Ustadz Hendri ini, membuat satu tradisi yang khas dan unik. Mereka bergotong royong memasak sebagian kecil daging qurban dari Program Tebar Qurban (PTQ) Ulil Albab, untuk dijadikan santapan makan siang dan malam bersama.

Siswa Sekolah Bunayya Bantu Beras Pesantren

Siswa Sekolah Bunayya Bantu Beras Pesantren

“Senang sekali. Walau sehari-hari lauknya gak banyak, tapi kalau berasnya enak kami para santri pun jadi selera untuk makan,” tandas Azmi Hutagaol, santri yatim piatu di Ponpes Darussalam.

Longsoran Kecil Hambat Pengeboran Di UMK

Longsoran Kecil Hambat Pengeboran Di UMK

“Pas kami ngebor sampai kedalaman 8-10 meter, sempat terjadi longsoran kecil di lubang pengeboran. Jadinya harus diulang lagi,” terang Sahat Lingga, pimpinan tim.