Semua terlihat antusias. Anak-anak tertawa gembira. Masing-masing mereka, terlihat sibuk membereskan bagian dalam masjid. Di saat bersamaan, beberapa pria dewasa, membantu mengecat dan memplester dinding teras masjid. Itulah suasana di Masjid Al Muttaqin, Desa Tiga Jumpa, Kec. Barus Jahe, Kabupaten Karo, 1 hari sebelum memasuki bulan Ramadhan 1440 H.

Lain lagi suasana di Masjid Bangun Al Munawwarah, Desa Batu Karang, Kec. Payung, Kabupaten Karo. Disamping kaum pria, para muslimah turut membantu proses pengecatan dinding masjid, yang letaknya bersebelahan dengan kebun jeruk itu.  Semuanya mengerjakan dengan suka rela.

Masjid-masjid itu, adalah diantara 6 masjid yang tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Karo dan Deli Serdang, yang dipilih Ulil Albab, sebagai lokasi pelaksanaan program Benah Masjid Mushalla (BMM). Program ini, merupakan salah satu aktifitas yang dilaksanakan Ulil Albab, dalam rangka mengisi dan memeriahkan Ramadhan 1440 H. Tema yang diusung kali ini adalah “Senang Berbagi Senang Beramal”.

Aktifitas BMM meliputi antara lain, pengadaan kubah, rak mushaf, tong air, sajadah, kipas angin, hingga pengecatan, yang dimaksudkan agar masjid terlihat lebih rapi dan bersih, serta memberi kenyamanan bagi jamaah, terutama dalam menyambut serta menjalani ibadah Ramadhan.

Faktanya, Sebagian besar masjid yang mendapat bantuan itu fisiknya terlihat suram. Ada yang catnya sudah mengelupas ataupun berjamur. Ada pula yang plang nama masjidnya sudah tak terbaca lagi, karena terbuat dari kayu triplek dan sudah lapuk. Ada juga yang sajadahnya sudah sangat tidak layak digunakan.

Program BMM hanya menyasar masjid dan mushalla yang berlokasi di pelosok. Termasuk yang berlokasi di daerah minoritas muslim. Termasuk diantaranya adalah Masjid Nurul Islam, yang berada di Desa Serdang, Kec. Barus Jahe, Karo. Jumlah keluarga muslim di desa tersebut hanya 17 keluarga dari total 270 keluarga warga.

Berbarengan dengan itu, masjid-masjid yang disnggahi program BMM, juga diperkuat Ulil Albab, dengan penempatan relawan imam/da’i muda, yang tergabung dalam program RamPung (Ramadhan di Kampung). Para relawan akan tinggal dan bertugas selama 10 hari di lokasi penugasan masing-masing.

“Tolong sampaikan salam dan terima kasih kami pada donatur yang sudah bersedia memberikan bantuan pada masjid kami ini, semoga menjadi amal jariyah,” ucap Hamid, pengurus Masjid Ash-Shobirin, Desa Kutomulyo Kec. Biru-biru, Deli Serdang ■

Share this: