Dapatkah kita hidup tanpa garam? Insya Allah bisa, namun sulit. Kebutuhan manusia akan garam, sulit untuk dielakkan. Hampir seluruh racikan makanan memerlukannya. Agar menjadi nikmat untuk disantap.

Dalam tinjauan kesehatan, sejatinya, garam diperlukan untuk mengimbangi kadar cairan dalam tubuh. Meski dapat mebawa efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya tubuh juga membutuhkannya.

Bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, garam kerap dianggap sebagai penyebab gagalnya program diet. Selain itu, penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi juga tidak disarankan mengkonsumsinya berlebihan, karena dapat memperburuk kondisi tubuh.

Akan tetapi garam tidak selalu buruk bagi kesehatan. Sederet manfaat juga dikandungnya, diantaranya ;

  1. Melancarkan Metabolisme

Metabolisme yang baik akan meningkatkan fungsi sistem dalam tubuh. Garam dapat membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu di sebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam yang dengan mudahnya dapat menyerap ke dalam darah.

  1. Meringankan Bronkitis dan Masalah Pernapasan Lainnya

Garam berguna menyerap ion berbahaya pada udara yang kita hirup, dan membantu melawan ion yang berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh. Maka itu, tidak jarang garam dapat meringankan sakit asma, bronkitis dan masalah sistem pernapasan lainnya.

  1. Membuat Rileks Tubuh

Merendam tubuh dengan air garam ternyata dapat menghasilkan efek rileks pada tubuh dan otot yang kaku. Garam yang digunakan berbeda, yaitu garam kristal. Tuangkan di bak mandi dan rendam seluruh tubuh. Efek garam akan merilekskan otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku.

  1. Membersihkan Mulut

Garam dapat membasmi bakteri penyebab infeksi di sekitar mulut. Gusi luka atau ngilu pada gigi, dapat diredakan sakitnya hanya dengan berkumur larutan garam. Caranya, campurkan ½ sendok teh garam dicampur secangkir air hangat. Tindakan ini mencegah pembengkakan dan menenangkan sakit pada gusi

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bila sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCI (Asam klorida) dalam perut. Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan,

Cukupi asupan garam anda. Jangan berlebihan. Insya Allah tubuh akan sehat ■

Share this:

WhatsApp kami whatsapp