Merujuk info pihak terkait, untuk wilayah Sumatera Utara, khususnya Kota Medan, hingga pekan pertama April 2020, penyebaran Covid-19 saat ini kian meluas. Korban juga terus bertambah, baik kategori ODP, PDP, positif, maupun yang meninggal.

Guna mengantisipasi kondisi tersebut, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ulil Albab telah melakukan berbagai upaya, dalam rangka turut berpartisipasi menghadang penyebaran sekaligus dampak covid.

Terhitung sejak 25 Maret-4 April, melalui Klinik Sahabat, Ulil Albab telah melakukan penyemprotan disifektan di berbagai lokasi dan fasilitas umum di sekitar Kota Medan. Mulai dari masjid, mushalla, asrama tahfidz, gedung sekolah, lokasi usaha, adalah diantara berbagai lokasi sasaran tim relawan.

Lokasi  penyemprotan dilaksanakan dibeberapa kecamatan, antara lain Medan Sunggal, Percut Sei Tuan, Medan Ampalas, Medan Johor, dan Medan Polonia. “Untuk penyemprotan, alhamdulillah relawan kami sudah menangani hampir 40-an lokasi fasos, fasum, dan tempat usaha” ujar Ns. Debi Aresti,  selaku Manager Klinik Sahabat, yang sekaligus bertindak sebagai Koodinator Tim Tangkal  Covid-19.

Kehadiran relawan Ulil Albab di berbagai lokasi, mendapat sambutan hangat dari masyarakat serta   pihak BKM. Seperti diutarakan Dedy Haryudi Pohan, Pengurus BKM Masjid Al Mu’minin, Medan Sunggal, “Aksi ini adalah upaya pencegahan agar virus tidak semakin meluas. Semoga wabah ini bisa segera lenyap agar kaum muslimin dapat melaksanakan ibadah Ramadhan dengan khusyuk. Semoga ini menjadi amal kebaikan bagi para relawan dan donatur Ulil Albab,” harapnya.

Selain penyemprotan, Ulil Albab juga membagikan puluhan masker kain, serta 300 botol hand sanitizer, yang disebar gratis ke abang beca, ojol, tenaga kebersihan, dan pekerja lapangan lainnya.

Sementara untuk mengawal Ramadhan 1441 H, bagi para fakir miskin, insya Allah ditargetkan 1000 keluarga dhuafa di 4 kota/kabupaten se-Sumut akan mendapatkan paket sembako gratis ■

Share this: