“Narik becak satu-satunya sumber kami cari nafkah keluarga. Sekarang di masa covid ini, sangat sulit dapat penumpang. Jangankan berharap bawa pulang 100 ribu, 10 ribu pun gak dapat. Belakangan, dalam sehari malah bisa gak dapat penumpang,” cerita Junaidi, seorang penarik beca.

Dampak covid terus memakan korban. Khususnya bagi rakyat kecil yang bekerja dengan mengandalkan pendapatan harian. Bila pedagang, mereka akan merasakan sepinya pembeli. Bila ojek online, orderan sangat minim. Bila warung, orang banyak memilih makan di rumah. Dan bila abang beca, sangat sepi penumpang.

Dalam upaya mengurangi beban ekonomi sekaligus bentuk solidaritas kepada kalangan dhuafa yang merasakan langsung pengaruh wabah asal cina itu, Yayasan Baitul Mal PLN UIKSBU Medan, bersinergi dengan Ulil Albab, menggelar pembagian paket sembako gratis, yang merupakan bagian dari program CSR PLN Peduli UIKSBU. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (23/4), di Masjid Taqwa Polonia, Medan.

Sebanyak 100 paket sembako, disalurkan kepada para abang beca, yang tergabung dalam Persaudaraan Abang Becak Mesjid Taqwa Polonia.  Paket berisi berbagai bahan sembako, antara lain; beras, minyak goreng, telur, gula, bubuk teh, serta mie instan.

Saat pembagian, guna mematuhi himbauan social distancing oleh pihak terkait, hanya dihadirkan sekitar 30-an mustahik penerima. Untuk selanjutnya, seluruh paket akan disalurkan langsung oleh pengelola, yang dipimpin Baihaqi, SE, yang telah melakukan pembinaan rutin para abang beca selama hampir 3 tahun.

Marhot Rambe, pengurus YMB PLN UIKSBU yang turut hadir, menjelaskan, bahwa aksi kepedulian ini dilakukan dalam rangka menjaga ketahanan pangan kalangan masyarakat dhuafa, khususnya para penarik beca, yang saat ini sepi penumpang, sehingga minim atau bahkan tidak ada penghasilan untuk dibawa pulang, katanya.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali bisa dapat sembako gratis. Terima kasih kami sampaikan kepada Ulil Albab serta para donatur, khususnya karyawan PLN yang telah ikhlas menyisihkan sebagian rezekinya kepada kami. Semoga Allah berikan keberkahan dan kesehatan bagi para donatur,“ ujar Junaidi, mewakili penerima ■

Share this: