News

25 Sep

Hijri Aulia Amanda “Saya memang senang belajar Qur’an”

By: admin | Konsultasi ZIS dan Keislaman | Comments: 0

Ia dikenal sebagai siswi berbakat dan berprestasi oleh gurunya di sekolah. Gadis sederhana kelahiran 20 Desember 2012 ini, duduk di kelas empat di MIS Ar-Rahman Tanjung Morawa.

Ia adalah salah satu penerima beasiswa SD Sahabat Pendidikan Ulil Albab. Ayah Hijri telah meninggal dunia sejak tiga tahun yang lalu. Kini ibunya menjadi tulang punggung keluarganya, melalui profesinya sebagai penjahit rumahan.

Penghasilan ibunya tidak tentu. Syukur dua saudaranya sudah bekerja dan sesekali membantu ibu mereka. Namun itu masih belum menutupi biaya keperluan sehari-hari keluarga mereka.

Saat ada waktu senggang, Hijri kerap membantu ibunya dalam meringankan pekerjaan rumah. Walaupun memiliki keterbatasan ekonomi, ibu Hijri tidak pernah menyuruh anaknya yang masih sekolah untuk bekerja membantu mencari nafkah.

Dalam kesehariannya, selepas pulang sekolah, Hijri menyempatkan belajar di MDTA yang berada di sekitar tempat ia tinggal.

Hijri termasuk anak yang aktif dan memiliki prestasi. Di kelas ia selalu rangking 3 besar. Dalam bidang non akademik, ia juga senang mengikuti perlombaan Tilawatil Qur’an di lingkungan ia tinggal (Tanjung Morawa).

“Alhamdulillah Hijri pernah mendapat juara 1 lomba baca qur’an pada Isra’ Mi’raj tahun lalu dan juga mendapat juara 2 lomba tilawatil qur’an yang diperlombakan antar kelas di MIS Ar-Rahman” terang Hasanul, guru di sekolahnya.

Hasanul mengaku, bacaan al-qur’an Hijri bagus dan makhrajnya pun bagus. Setengah juz ‘amma sudah ia hafal. Setiap kali mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pilihannya, yaitu Tilawah Qur’an, yang berlangsung setiap Sabtu di sekolah, ia sangat antusias. “Saya memang senang belajar Qur’an,” ungkapnya.

Gadis periang ini menempuh jarak ± 1 km untuk sampai ke sekolah. Itu dilakoninya setiap hari dengan menaiki beca sewa bersama teman-temannya. Alhamdulillah, melalui beasiswa yang diberikan UA, Hijri terbantu dalam memenuhi kebutuhan dan keperluan sekolahnya ■ isc


printer friendly create pdf of this news item