News

17 Jul

Mobil Sehat Ringankan Musibah

By: admin | Program - Layanan Sosial Kemanusiaan | Comments: 0

“Kematian itu pasti datang. Kematian tidak dapat dihindari barang sedetikpun, walaupun kita bersembunyi di dalam bangker (bunker, red) setebal apapun, bersembunyi di lobang semut yang sempit pun, malaikat maut tetap dapat mencabut nyawa kita,” tandas Kemin Sofyan, bilal mayit yang mewakili pentakziah, saat pelepasan jenazah warga lingkungannya.

Siang itu, Mobil Sehat Ulil Albab hadir melayani keluarga yang sedang ditimpa musibah, beralamat di Dusun V, Desa Suka Makmur, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang.

Hari itu, Kamis (12/7), sedang disiapkan pelaksanaan fardhu kifayah jenazah Marjulis bin Duramin (58), yang meninggal dunia sehari sebelumnya akibat serangan jantung. Beliau meninggalkan istri dan 3 orang anak. Keluarga ini kehidupan ekonominya sederhana. Sang istri adalah tukang jahit gorden. Sementara satu anaknya karyawan di sebuah toko pakaian di kota Medan.

Lokasi Taman Pemakaman Umum (TPU) terletak lumayan jauh dari rumah duka. Tidak mungkin menggunakan keranda panggul ataupun didorong dengan keranda beroda. Harus menggunakan jasa ambulance.

Awalnya pihak keluarga almarhum mencoba mencari informasi kesana-kemari. Ternyata, bila menggunakan ambulance rumah sakit ataupun klinik swasta, biayanya lumayan memberatkan bagi keluarga mereka.

Setelah mencari tahu ke beberapa pihak guna mendapatkan mobil ambulance gratis, akhirnya melalui anaknya yang bekerja di toko pakaian itu, Mobil Sehat Ulil Albab dihubungi untuk membantu mengantarkan jenazah ayah mereka.

Selesai mengantarkan jenazah ke TPU relawan Ulil Albab pun berpamitan pulang kepada ahli musibah. “Terima kasih pak sudah mau membantu pemakaman ayah kami. Kami bersyukur ada fasilitas gratis ini, kami yang tak punya ini sangat terbantu. Bagus kalilah pak kami rasa ada ambulance gratis ini,” ungkap Rinal Manda, anak kedua almahrum.

Mereka termasuk beruntung. Masih banyak keluarga dhuafa yang belum mendapatkan akses informasi tentang keberadaan fasilitas gratis ambulance. Tidak jarang, mereka terpaksa menggunakan mobil sewa bak terbuka. Atau malah yang miris, ada juga yang terpaksa berhutang agar dapat menyewa ambulance.

Alhamdulillah Mobil Sehat Ulil Albab telah banyak berkiprah memberi manfaat dalam melayani antar jemput pasien maupun jenazah. Insya Allah Mobil Sehat ini gratis digunakan oleh masyarakat, dengan tidak dipungut biaya apapun kepada masyarakat ataupun ahli musibah ■ pp


printer friendly create pdf of this news item