News

30 Apr

Bijak Gunakan Gadget Oleh : Ns. Fitri Handayani PS

By: admin | Sharing | Comments: 0

Di era serba teknologi saat ini, berbagai macam alat elektronik canggih bermunculan, mulai dari yang berharga murah hingga super mahal. Alat elektronik canggih tersebut bermacam-macam. Salah satunya adalah gadget. Gadget merupakan alat komunikasi yang memiliki kemampuan teknologi yang canggih dan dapat mengakses semua informasi melalui media online.

Bagi sebagian orang gadget bukan lagi kebutuhan tambahan, melainkan sudah menjadi kebutuhan utama kehidupannya. Gadget bukan barang mewah lagi, karena gadget sudah dipakai semua kalangan. Gadget dengan kecanggihannya tidak hanya dipakai sebagai alat komunikasi saja, berbagai hal bisa di akses menggunakan gadget, dari berita yang penting hingga berita yang tidak patut untuk dipertontonkan.

Penggunaan gadget bukan hanya untuk para orang dewasa saja, gadget juga sudah banyak digunakan kalangan anak-anak usia sekolah khususnya remaja. Masuknya gadget dikalangan remaja sekarang sulit dikendalikan, dikarenakan kebutuhan akan penggunaan gadget semakin meningkat dikalangan remaja.

Penggunaan gadget pada remaja dapat berakibat positif apabila gadget digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengakses informasi sesuai kebutuhan pengetahuan. Tetapi gadget juga dapat berakibat negatif apabila digunakan untuk suatu hal yang tidak baik.

Oleh karena itu, agar tidak menimbulkan hal-hal negatif bagi anak, para orangtua berkewajiban melakukan pengawasan penggunaan gadget. Berikut beberapa dampak negatif penggunaan gadget:

1. Konsultan Ahli bedah dan Penyakit Mata di Luton & Dunstable University Hospital mengatakan bahwa anak yang menatap layar gadget sepanjang hari dapat mengakibatkan mata menjadi rabun, dan beresiko lebih cepat menggunakan kacamata.
2. Menggunakan gadget dalam waktu yang lama dapat mengubah postur tubuh. Fisioterapis Kristen Lord mengatakan, bahwa seseorang yang menggunaan gadget dalam waktu yang lama akan mengalami nyeri pada leher dan bahu dikarenakan posisi pada saat penggunaan gadget tersebut terlalu dekat hingga ke kepala, yang mengakibatkan posisi kepala harus menunduk.
3. Gadget dapat merusak hubungan terhadap sesama manusia. Dr Emma Short psikolog di University of Bedfordshire mengatakan, “semakin sering kita terlibat dalam jejaring sosial maka hubungan dengan keluarga, teman dan rekan kerja akan semakin renggang”. Betahnya seseorang menggunakan gadget maka mengakibatkan kepedulian dan hubungan sosialnya kepada orang lain akan berkurang. Akibatnya anak akan asik dengan dunianya sendiri dan tidak bersosialisasi dengan orang lain. Sehingga ketika dewasa, anak tidak mampu menyelesaikan masalahnya secara baik dan bijaksana.
4. Menggunakan gadget secara terus menurus bukan hanya dapat merusak kesehatan, penggunaan gadget tanpa batasan waktu juga dapat merusak prestasi belajar anak disekolah sehingga anak malas belajar dan akhirnya prestasi anak di sekolah menurun.


printer friendly create pdf of this news item