News

19 Mar

Aktifis Zakat Indonesia Berkumpul

By: admin | Sharing | Comments: 0

Selama 3 hari, 1-3 Pebruari 2018, lebih 100-an orang pegiat atau aktifis zakat dari seluruh Indonesia, berkumpul di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam rangka kegiatan Musyawarah Nasional Forum Zakat (FOZ) ke 8.

Selain pergantian pengurus FOZ periode 2015-2018, berbagai acara lain turut menyemarakkan even yang dibuka oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin.

Penguatan posisi zakat di Indonesia, menjadi salah satu isu penting yang dibahas peserta, pada munas yang berlangsung per 3 tahun itu. Kali ini, beberapa tokoh turut hadir, antara lain, TGH. M. Zainal Majdi (Gubernur NTB), KH. Ma’ruf Amin (Ketua MUI Pusat), H. Fuad Nassar (Dirjen Zakat dan Wakaf), serta yang mewakili Bappenas.

Selain berbagai hal hangat terkait isu perkembangan zakat di Indonesia, even ini juga menjadi ajang silaturrahim antar amil dari puluhan lembaga yang hadir. Tercatat, peserta yang hadir, mulai dari Aceh hingga Papua. Ulil Albab ditunjuk mewakili Fozwil Sumut.

Agenda kegiatan yang padat, tidak menghalangi antusiasme pesert mengikuti acara hingga tuntas. Apalagi, selain kegiatan seminar dan rapat komisi, di sekitar area acara, panitia juga menghadirkan belasan stan yang menawarkan aneka produk khas NTB, seperti tenunan, kerajinan tangan, makanan tradisional, serta souvenir yang bahan dasarnya dari hasil kekayaan laut.

Di hari terakhir, peserta dibawa berkeliling melihat berbagai lokasi wisata, khususnya menikmati keindahan pantai yang menjadi andalan objek wisata NTB. Sekalipun propinsi ini telah memproklamirkan diri sebagai lokasi tujuan wisata halal, tidak menghalangi puluhan ribu wisatawan mancanegara untuk datang menikmati keindahan alam.

Sebelum ditutup, dalam suasana adem dan ditingkahi berbagai canda, peserta munas telah memilih Bambang Suherman (Laznas Dompet Dhuafa) dan Nana Sudiana (Laznas Inisiatif Zakat Indonesia), sebagai ketua dan sekretaris Foznas periode 2018-2021. Juga Kota Malang, Jawa Timur, telah ditetapkan sebagai tuan rumah munas pada tahun 2021 


printer friendly create pdf of this news item