Membahas masalah kesehatan tidak melulu berbicara tentang bahan obat dengan komposisi kimia tertentu, atau hal-hal kesehatan lainnya yang segala sesuatunya bergantung penanganan medis.

Kenyataannya, tanpa harus selalu ke dokter atau ke apotik, alam dan lingkungan sekitar kita menyediakan begitu banyak jenis tumbuhan atau buah yang dapat diolah untuk manfaat kesehatan.

Bahkan, banyak juga jenis tanaman yang selama ini digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata juga bermanfaat untuk pengobatan. Jelas, selain hemat dan mudah didapat, bumbu dapur itu sangat alami, sehingga tanpa efek samping. Kunyit, khususnya induk kunyit,  adalah salah satunya.

Induk kunyit memiliki warna dan aroma khas. Selain digunakan untuk bumbu, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain ;

  1. Anti-depresan (penenang) ; penelitian yang dilakukan oleh phytotherapy menuliskan bahwa “studi ini memberikan bukti kurkumin (kandungan aktif yang ditemukan pada kunyit), dapat di gunakan sebagai terapi yang efektif dan aman untuk pengobatan pada pasien dengan depresi ringan”.
  2. Obat kanker ; kurkumin merupakan antioksidan yang kuat sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan, maka sejumlah penelitian laboratorium pada sel kanker, menunjukan bahwa kurkumin memang memiliki efek anti kanker (prostat, payudara, kulit, dan usus besar).
  3. Obat diabetes ; kurkumin dalam kunyit 400x lebih kuat daripada metformin yang mengaktifkan AMPK yang meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin (Biochemistry and Biopisical research Comunications).
  4. Obat penghilang rasa sakit ; Eoropean Journ Of Pharmacology menyatakan, kurcumin secara alami mengaktifkan sistem oipoid. Oipoid berperan sebagai respon penghilang rasa sakit alamiah pada tubuh

Cara mengolah kunyit sehingga dapat berfungsi menjadi obat ;

Resep 1 (Minum)

Bahan : 1 gelas air matang, 5 cm kunyit, 3 cm jahe, 1 sdt perasan jeruk nipis, 2 sdm madu.

Hangatkan kunyit dan jahe (jangan mendidih), setelah itu dinginkan dan tambahkan air jeruk nipis serta madu. Minuman ini juga bisa di jadikan sebagai infus water.

Resep 2 (Oles)

Bahan: 4 sendok teh kunyit bubuk, 2 sendok teh susu cair, 4 sendok teh madu organik.

Usapkan campuran ini pada wajah, diamkan 10-15 menit, bilas dengan air dingin hingga bersih. Masker ini bermanfaat cegah penuaan dini, jerawat, kult gelap, wajah berminyak, hingga menghentikan pigmentasi ■

Share this: